PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas III SDN Kertasari 02)

SRI MUTIARA MULYA, 155060082 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas III SDN Kertasari 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTREAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTREAK SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Kertasari 02. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang antusias dalam setiap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Kertasari 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan mengamati siswa dengan berpedoman pada lembar observasi afektif dan psikomotor siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliablitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji t, serta uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Tingkat signifikannya dapat dilihat dari nilai F hitung 0,95 dengan tingkat signifikan 0,761 > 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya metode Mind Mapping secara berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:17
Last Modified: 25 Oct 2019 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46505

Actions (login required)

View Item View Item