Nur Solihati, 155060118 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda di Kelas 3 SDN 101 Sukakarya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Terdapat masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu sebagian siswa bersikap pasif pada saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang percaya diri untuk menanyakan materi pembelajaran yang belum dimengerti, siswa sering bermain-main di dalam kelas, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, terbatasnya sarana dan prasarana untuk meningkat bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan video pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dengan video pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. metode penelitian yang digunakan yaitu kuesi eksperimen dengan populasi sebanyak 56 siswa dan sampel sebanyak 20 siswa di kelas eksperimen serta 20 orang di kelas kontrol. Hasil penelitian nilai independent sample t test dengan perolehan nilai signifikansi 0,033 < 0,05. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran inkuiri menggunakan video pembelajaran terhadap keaktifan siswa pada kelas eksperimen. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai effect size (d) = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan video pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s sebesar 82% dan tergolong rendah. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas III SDN 101 Sukakarya Bandung tahun ajaran 2019-2020. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Video Pembelajaran, Keaktifan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46486 |
Actions (login required)
View Item |