ANNITA WULANDARI, 155060079 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA (Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Pangkalan Raja Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDO.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe role playing terhadap kemampuan kerja sama peserta didik pada kelas II Sekolah Dasar Negeri Pangkalan Raja. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di kelas II Sekolah Dasar Negeri Pangkalan Raja. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik yang masih kurang dalam kegiatan kerja sama satu sama lain, dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional sedangkan model pembelajaran yang lain jarang dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas II SD Negeri Pangkalan Raja. Dari jumlah populasi diambil sebanyak 40 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket, observasi dan dokumentasi. Pada hasil uji regresi linear sederhana bahwa pengaruh model role playing terhadap kemampuan kerja sama bernilai R sebesar 0,708 dan R Square untuk presentasi besar pengaruhnya sebesar 50,1%. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t nilai sig. yang diperoleh yaitu 0,00 sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolah dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran tipe role playing dapat berpengaruh terhadap kemampuan kerja sama peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Pangkalan Raja. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran tipe role playing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci : Role Playing, Kemampuan Kerja Sama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46476 |
Actions (login required)
View Item |