Herlinda Astrining Tias, 155060169 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas V SDN 223 Bhakti Winaya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PQ4R terhadap pemahaman konsep siswa di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 223 Bhakti Winaya yang masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah sehingga berdampak pada pemahaman konsep siswa. Terlihat dari hasil ulangan kelas V sebanyak 58% dari 26 siswa yang masih belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlunya inovasi baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Metode pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) merupakan salah satu metode yang baik digunakan pada tema udara bersih bagi kesehatan subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V karena dapat memberikan kegiatan pembelajaran yang lebih aktif, siswa berpikir kritis dan siswa dapat memahami materi dengan cepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan postest untuk data pemahaman konsep siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas VC sebagai kelas eksperimen menggunakan metode PQ4R dan kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, uji efect size, dan uji N-Gain yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu gambaran proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan RPP, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,022 melalui uji Mann Withney, terdapat pengaruh metode PQ4R terhadap pemahaman konsep sebesar 0,593 yang berkategori besar. Serta menghasilkan peningkatan pemahaman konsep sebesar 65% yang berkategori sedang. Dengan demikian metode pembelajaran PQ4R memberikan pengaruh yang besar terhadap pemahaman konsep siswa di kelas V SD. Kata kunci: PQ4R, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:29 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46473 |
Actions (login required)
View Item |