PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SDN 067 Nilem Bandung)

DIAH MARDIAH, 155060073 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SDN 067 Nilem Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN[1].pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas menulis karangan deskripsi dengan menggunakan pembelajaran konvesional dan. kualitas menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture, perbedaan pencapaian keterampilan menulis karangan deskripsi siswa antara penggunaan model pembelajaran konvesional dan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture, dan pengaruh model pembelajaran cooperative learning type picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen jenis one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 067 Nilem Bandung sebanyak 54 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 38 siswa, 19 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, uji regresi linear sederhana dan uji koefiisien determinasi. Hasil penelitian pada pre test post test menunjukkan bahwa kualitas menulis karangan deskripsi pada kelas kontrol tergolong rendah dengan nilai rata-rata pre test 44,66 dan post test 61,41 artinya nilai di bawah KBM yaitu 61,41 < 70. kualitas menulis karangan deskripsi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture siswa cukup baik dengan hasil rata-rata pre test 47,41 dan post test 72,47. Artinya nilai melebihi nilai KBM yang sudah ditentukan yaitu 72,47 > 70. Hasil uji hipotesis (independent t sampel) menunjukkan bahwa nilai signiikansi lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji regresi diperoleh nilai signifikansi 0,016 < 0,05 dan besar koefisien determinasi 31,1% yang artinya ada pengaruh penggunaan model cooperative type picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi sebesar 31,1%. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Cooperative learning type picture and picture

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:21
Last Modified: 01 Nov 2019 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46467

Actions (login required)

View Item View Item