SRI AYU LESTARI, 155060181 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Subtema Manusia dan Limgkungan di Kelas V SDN Cicalengka 08 Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Hasil pengamatan yang dilakukan di SDN Cicalengka 08 pada kelas V mengalami rendahnya pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa karena model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Model yang akan digunakan yaitu model cooperative learning tipe two stay two stray yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group pretest posttest only design. Sampel penelitiannya menggunakan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray dan kelas VC sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab. Pengambilan data melalui lembar observasi, tes dan dokumentasi. Test yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data pemahaman konsep siswa, untuk pengambilan data keaktifan belajar menggunakan data angket. Teknik pengolahan datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 21 dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sudah berjalan lancar. Terdapat perbedaan pemahaman konsep belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 melalui uji Mann-Whitney dan tidak terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,864 melalui uji Mann-Whitney. Model cooperative learning tipe two stay two stray dapat mempengaruhi pemahaman konsep sebesar 0,97 melalui uji effect size yang berkategori mempunyai pengaruh besar dan model cooperative learning tipe two stay two stray juga dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa sebesar 0,056 melalui uji effect size yang berkategori mempunyai pengaruh kecil. Demikian model cooperative learning tipe two stay two stray memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman konsep belajar siswa dan memberikan pengaruh kecil terhadap keaktifan belajar siswa. Kata Kunci : cooperative learning tipe two stay two stray, pemahaman konsep, keaktifan belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 19 Oct 2019 06:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2019 06:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46151 |
Actions (login required)
View Item |