PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS ANIMASI VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KARAWANG

Tri Wahyuni, 145040035 (2019) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS ANIMASI VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak indonesia.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstrak sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
19. daftar pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan animasi video pada pembelajaran sistem saraf terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Karawang. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA-5 SMA Negeri 4 Karawang, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 32 orang siswa dengan menggunakan metode Pre -Experimental Design dengan desain penelittian One-Group Pretest-Posttest Design. Parameter yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan angket respon siswa. Berdasar kan hasil uji statistik dengan uji t taraf signifikan 0,05 signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas presentasi, tanya jawab, disuksi, dan analisis pada saat implentasi animasi video mengalami peningkatan kemampuan ko gnitif C1 (mengingat), C2 (pemahaman siswa), C3 (pengaplikasian), C4 (kegiatan analisis).terhadap penggunaan medi pembelajaran animasi video. Siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar siswa rata -rata memiliki hasil N-Gain 0,69 dengan kategori sedang dan didapat nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 67. Hasil penilaian pada aspek afektif menunjukkan bahwa hasil penilaian mendapatkan rata-rata 3,39 dengan kriteria baik, yang artinya siswa antusias dan aktif dalam menggunakan media pembelajaran animasi video. Hasil penelitian pada aspek psikomotor menunjukkan bahwa hasil penilaian siswa mendapatkan rata-rata 3,44 dengan kriteria baik, yang artinya siswa terampil dan teliti dalam menjelaskan isi video tersebut. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran animasi video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Sikap, Keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:56
Last Modified: 18 Oct 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46074

Actions (login required)

View Item View Item