Nadia Permatasari, 155030094 (2019) PEMBELAJARAN MERANCANG TEKS EDITORIAL DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Inggris.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Sunda.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks editorial peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks editorial pada penelitian ini menggunakan metode Concept Sentence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran merancang teks editorial; mengetahui kemampuan peserta didik dalam merancamg teks editorial dengan menggunakan metode Concept Sentence untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam merancang teks editorial pada kelas eksperimen menggunakan metode Concept Sentence dan kelas kontrol menggunakan metode Probing-Prompting Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design jenis Nonquivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran merancang teks editorial dengan memperhatikan pada peserta didik kelas XII SMA Puragabaya Bandung. Dibuktikan dari nilai perencanaan pembelajaran sebesar 3,56 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,63 termasuk dalam kategori sangat baik (A), peserta didik mampu merancang teks editorial dengan metode Concepet Sentence terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar yang menunjukkan hasil rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 71,4 dan postes sebesar 81,26, serta adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal tersebut terbukti dari hasil postes yang didapat dan hasil uji Independent sample t testdengan hasil sig. 0,003 < 0,05 artinya Hipotesis diterima. Hal tersebut berarti hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Concept Sentence lebih baik dari hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol menggunakan metode Probing-Prompting Learning.Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : Pembelajaran, merancang, editorial, metode, Concept Sentence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:05 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45618 |
Actions (login required)
View Item |