PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS CERAMAH TENTANG PERMASALAHAN AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ISMAYNI ARLIANY ID NUR HIDAYAT, 155030056 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS CERAMAH TENTANG PERMASALAHAN AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
16 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan landasan permasalahan dalam kebahasaan khususnya dalam keterampilan menulis. Permasalahan tersebut dialami oleh peserta didik yang memiliki kesulitan dan kurang minat saat menuliskan sebuah tulisan, terlebih tulisan tersebut yang berkonteks formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan menggunakan metode exlicit instruction; mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan meggunakan metode explicit instruction dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan meggunakan metode explicit instruction dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode explicit instruction dibandingkan metode ceramah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian, penulis mampu dalam merancanakan pembelajaran dengan memeroleh nilai sebesar 3,8 yang berkategori sangat baik dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh 3,5 berkategori sangat baik. Kemampuan dan hasil peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes yang diperoleh sebesar 44,17>30,01 dan hasil rata-rata nilai postes sebesar 80,69>68,42. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan dilihat dari hasil Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan signifikasi 0,0007. Apabila nilai sig 0,0007 < 0,05, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Kata Kunci: Eksperimen, explicit instruction, mengonstruksi, teks ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:54
Last Modified: 10 Oct 2019 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45601

Actions (login required)

View Item View Item