PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung)

SISKA SRI ARUMSARI, 155060192 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya kurang minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Pemberian model yang kurang tepat sehingga berdampak pada rendahnya sikap santun, peduli, tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan peneliti ini adalah observasi, tes, dan bahan ajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Pertama ada peningkatan sikap santun pada siklus I mencapai 60%. Siklus II mencapai 73%. Kedua adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 72%, siklus II mencapai 76%. Ketiga adanya peningkatan sikap tanggung jawab pada siklus I 51% dan pada siklus II adanya peningkatan 96%. Keempat adanya peningkatan aspek pemahaman peserta didik pada siklus I 54%, siklus II mencapai 86%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Basel Learning (PBL) pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada kelas IV A SD Negeri 223 Bhakti Winaya Kota Bandung dapat meningkatkan Pemahaman peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2008
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:49
Last Modified: 08 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45468

Actions (login required)

View Item View Item