PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan pada siswa Kelas V SD Negri 2 Rajamandala Kulon)

Anisa Hernawati Utami, 155060048 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan pada siswa Kelas V SD Negri 2 Rajamandala Kulon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Rajamandala Kulon yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif,afektif dan psikomotorik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran Scramble. Keadaan siswa yang masih kurang mengerti akan konsep materi yang diajarkan untuk mencapai hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan dibawah KKM. Hal tersebut juga disebabkan oleh guru yang sering menggunakan metode ceramah dan membuat pembelajaran terkesan menjadi monoton, guru juga belum menerapkan model pembelajaran Discovery Learning maupun metode Scramble. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan system siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengamatan, perencanaan,pelaksanaan, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan menggunakan teknik evaluasi test dan non test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scramble. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan metode Scramble terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN 2 Rajamandala Kulon Subtema 1 Organ Gerak Hewan. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning serta metode pembelajaran Scramble dapat dijadikan model serta metode untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Metode Scramble, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:34
Last Modified: 08 Oct 2019 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45466

Actions (login required)

View Item View Item