MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI WIKIPEDIA (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA 3 PASUNDAN BANDUNG)

VYCKA AGUSTRIANI, 155040037 (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI WIKIPEDIA (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA 3 PASUNDAN BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUN.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya keterampilan peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan hasil pra penelitian, didapatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mencapai nilai KKM sebesar 13%. Sedangkan yang belum mencapai nilai KKM sebesar 87%. Diketahui bahwa nilai KKM untuk kelas X IPA sebesar 75. Hal ini disebabkan oleh dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket dan modul pembelajaran yang dibuat oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan wikipedia dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada penguasaan konsep materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivqlenty control group design. Data hasil penelitian ini diperoleh dari penilaian Kognitif (Postest-Prettest), Afektif (sikap), dan Psikomotor (Keterampilan). Dari hasil analsis dengan menggunakan aplikasi softwere SPSS 20.0 for windows berdasarkan uji hipotesis (uji-t) dan uji gain diperoleh hasil nilai signifikansi pada Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Apabila ½ signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. kesimpulannya bahwa penggunaan wikipedia dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada penguasaan konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Menggunakan Wikipedia, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:46
Last Modified: 17 Sep 2019 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43636

Actions (login required)

View Item View Item