PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS ULASAN NOVEL BERORIENTASI PADA PAPARAN ARGUMEN DENGAN METODE READING ENCODING ANNOTATING PONDERING (REAP) DI KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LELA LAELASARI, 155030049 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS ULASAN NOVEL BERORIENTASI PADA PAPARAN ARGUMEN DENGAN METODE READING ENCODING ANNOTATING PONDERING (REAP) DI KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak indo.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak inggris.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. abstrak sunda.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang menyatakan, bahwa kurang diperhatikannya metode mengajar membaca yang tepat sehingga pemahaman peserta didik yang rendah terhadap isi bacaan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen dengan metode Reading Encoding Annotating Pondering (REAP), mengetahui kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung dalam menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen, dan menguji keefektifan penggunaan metode Reading Encoding Annotating Pondering (REAP). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mix methods) dengan teknik telaah pustaka, observasi, tes, uji coba, dan analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah sebagai berikut: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen dengan metode Reading Encoding Annotating Pondering (REAP), dibuktikan dengan nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, yaitu 3,8, dengan kategori baik sekali; (2) peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 mampu menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen dengan metode Reading Encoding Annotating Pondering. Hal itu terbukti dari peningkatan hasil belajar dengan nilai pascates lebih besar dari nilai prates, yakni 69,7 ≥ 26,6 dengan selisih 43,1; dan (3) metode Reading Encoding Annotating Pondering efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 13,26 dan hasil ttabel sebesar 8,1 pada tingkat kepercayaan 95% dengan db sebesar 27. Dapat disimpulkan, bahwa pembel-ajaran menelaah struktur teks ulasan novel berorientasi pada paparan argumen de-ngan metode Reading Encoding Annotating Pondering (REAP) menunjukkan ke-berhasilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pun sangat disarankan ter-utama dalam pembelajaran membaca. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca, Menelaah, Teks Ulasan Novel, Paparan Argumen, Reading Encoding Annotating Pondering (REAP)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2019 08:37
Last Modified: 13 Sep 2019 08:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43435

Actions (login required)

View Item View Item