PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA YPI BANDUNG (Survey pada siswa kelas X, XI, dan XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019)

Nurfarida, 155020086 (2019) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA YPI BANDUNG (Survey pada siswa kelas X, XI, dan XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.1 abstrak indonesia-converted.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.2 abstrak inggris-converted.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.3 abstrak sunda-converted.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1-converted.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2-converted.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 3-converted.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
15. BAB 4-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
16. BAB 5-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar pustaka-converted.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini: "PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA YPI BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019" dengan latar belakang yaitu pentingnya pedagogical content knowledge di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh pedagogical content knowledge terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan asosiatif kausal. Dengan menggunakan cara pendekatan kuantitatif, Cara untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi, mata pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan 37 siswa. Teknik pengujian Hipotesis dari penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh pedagogical content knowledge terhadap motivasi belajar siswa kelas X, XI dan XII IPS di SMA YPI Bandung. Teknik pengujian hipotesis ini menggunakan analisis regresi linier. Data yang dikumpulkan yaitu data angket dari 37 responden yang berada di kelas X, XI dan XII IPS di SMA YPI Bandung. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikasi data dengan menghitung skor rata-rata (mean), regresi linier dengan koefesien menggunakan SPSS 25,0 rekapitulasi analisis deskriptif pedagogical content knowledge rata-rata 3,95 berada pada kategori “baik” dan motivasi belajar 3,87 berada pada kategori “baik”. Hasilnya yaitu ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pedagogical content knowledge. Kesimpulannya dengan menggunakan pedagogical content knowledge terhadap motivasi belajar siswa kelas X, XI dan XII IPS adanya peningkatan bertaraf besar. hal ini disebabkan karena adanya pengaruh sebesar 79,7% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain didalam maupun diluar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Akhir dari penelitian ini penulis menyampaikan saran bahwa pedagogical content knowledge supaya dapat digunakan agar siswa dapat memahami pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru agar tujuan pendidikan bisa dicapai dengan baik. Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:50
Last Modified: 13 Sep 2019 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43379

Actions (login required)

View Item View Item