PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW PADA KELAS X SMA NEGERI 1 SITURAJA SUMEDANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Septinia Zahirah Nuraida, 155030006 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW PADA KELAS X SMA NEGERI 1 SITURAJA SUMEDANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis puisi berkaitan dengan keterampilan menulis, yaitu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun puisi seperti tema, diksi, imaji, gaya bahasa, perwajahan dengan menggunakan metode writing in the here and now yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik untuk menulis puisi. Sehubungan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang pembelajaran meulis pusi dengan memerhatikan unsur pembangunnya meng-gunakan metode writing in the here and now pada kelas X SMA Negeri 1 Situraja Sumedang tahun ajar 2018/2019. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode writing in the here and now. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil penilain yang diberikan guru mata pelajaran bahasa Indonesia mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada peserta didik kelas X IPS 2 dan X IPS 3. Peneliti mendapat nilai nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis puisis dengan memerhatikan unsur pembangunnya lebih meningkat dibandingkan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi dengan hasil jumlah ranking kelas eksperimen sebesar 435,00 > 378,00. Nilai Asymp.Sig. (-2 tailed) menunjukkan 0,000. Nilai 0,000 < 0,05, sehingga kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. 3) Hasil test statistics dalam uji Mann-Whitney (Gain) di atas, dapat kita ketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Oleh karena itu, hipotesis diterima. Demikian adanya per-bedaan signifikan dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode writing in the here and now dengan metode diskusi dalam pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode writing in the here and now menunjukkan keberhasilan. Kata kunci: Metode writing in the here and now, keterampilan menulis, pembelajaran puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:16
Last Modified: 04 Sep 2019 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42779

Actions (login required)

View Item View Item