STRATEGI PEMASARAN TEMPAT PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI KEBUN RAYA CIBODAS

E. Muhammad Nasrulloh S., NPM. 168020011 (2019) STRATEGI PEMASARAN TEMPAT PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI KEBUN RAYA CIBODAS. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Tesis an. E. Muhammad Nasrulloh 168020011 - Copy.doc

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan dengan adanya pendekatan interface marketing-finance, identifikasi relational exchange antara pemasaran dengan keuangan, identifikasi pengunjung, dan analisis SWOT sehingga dapat memperbesar pangsa pasar kebun raya cibodas dengan kebutuhan konsumen yang dinamis, positioning yang lebih baik, serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung kebun raya cibodas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) khususnya kebun raya cibodas berhubungan dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan daya saing dalam industri pariwisata. Selain penelitian ini itu diharapkan dapat memberikan masukan bagi studi atau penelitian yang terkait dengan strategi pemasaran tempat pariwisata, baik dalam hal objek studi kasus maupun pendekatan teori, serta memberikan gambaran mengenai teori yang digunakan dalam penelitian sejenis maupun lanjutannya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan Februari 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis SWOT yang dipetakan dengan matriks IFAS (Internal Factors Analysis System) dan matriks EFAS (Eksternal Factors Analysis System), dapat diketahui bahwa posisi peningkatan jumlah pengunjung kebun raya cibodas berada pada zona 1 yang artinya berada pada zona pertumbuhan (growth). Dengan demikian strategi yang digunakan adalah strategi integrasi vertikalyaitu dengan mengintegrasikan antara aktifitas hulu dan aktifitas hilir. Selain itu terdapat berbagai jenis strategi intensifikasi, berupa penetrasi pasar, pengembangan pasar, serta peningkatan fasilitas. Kata kunci : Pemasaran, Industri Pariwisata, Analisis Deskriptif, IFAS, EFAS.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:57
Last Modified: 15 Mar 2019 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41740

Actions (login required)

View Item View Item