PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CIKAMPEK TAHUN AJARAN 2015/2016

DESIWANTI AYU LESTARI, 115030100 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CIKAMPEK TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Persembahan.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pem-baca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Mengidentifikasi adalah kegiatan yang melibatkan proses membaca. Model talking stick adalah salah satu pembelajaran yang mene-kankan pada konsep kerja sama. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Kalimat Efektif dalam Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Cikampek Tahun Ajaran 2015/2016”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis melak-sanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick?; (2) mampukah siswa mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick?; (3) tepatkah model talking stick digunakan dalam pembelajaran mengi-dentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan model talking stick dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Ci-kampek. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pem-belajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick; (2) siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengindentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi; (3) model talking stick tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Metode yang digunakan adalah metode one group pretest-posttest. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) Penulis mampu melaksanakan pembe-lajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan meng-gunakan model talking stick pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran se-besar 3,2. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori baik; (2) Siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 1,74, sedangkan nilai rata-rata posttest 4,53. Jadi selisih nilai rata-rata prates dan pascates yaitu 2,79 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest ke postest sebesar 11,16%; (3) Model talking stick efektif digunakan da-lam mengidentifikasi unsur kalimat efektif pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui thitung 7,48 > ttabel 2,04. Kata kunci: mengidentifikasi, model talking stick, pembelajaran, teks eksposisi, unsur kalimat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:31
Last Modified: 15 Jun 2016 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item