PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di SDN 155 Gunung Rahayu Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2018/2019 Kota Bandung)

INTAN ANUGRAH PRATIWI, 145060197 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di SDN 155 Gunung Rahayu Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2018/2019 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V C SDN 155 Gunung Rahayu dan hasil temuan dalam kegiatan observasi diperoleh data yaitu kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan peserta didik kurang memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) juga dapat meningkatkan sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, sikap disiplin dan aspek psikomotor peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh pada siklus I sebesar 54,5%, siklus II sebesar 69,7%, dan siklus III sebesar 84,9%. Pada aspek sikap peningkatan sikap percaya diri peserta didik siklus I sebesar 52,2%, siklus II sebesar 69%, dan siklus III sebesar 78%. Peningkatan sikap peduli siswa siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 66,8%, dan siklus III sebesar 78,8%. Sera peningkatan sikap tanggung jawab siswa siklus I sebesar 59,5%, sikl us II sebesar 68,8%, dan siklus III sebesar 91%. Peningkatan sikap disiplin siswa siklus I sebesar 57,9%, siklus II sebesar 70% dan siklus III sebesar 88,3%. Peningkatan aspek psikomotor dari setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 84,5%, siklus II sebesar 95,8%, dan siklus III sebesar 96,6%. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar, sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, sikap disiplin dan aspek psikomotor siswa pada subtema Manusia dan Lingkungan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Aspek Sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:25
Last Modified: 18 Oct 2018 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39387

Actions (login required)

View Item View Item