PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN PUISI DENGAN MEMERHATIKAN VOKAL, EKSPRESI, DAN INTONASI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS X SMAN 2 PADALARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUHAMAD RIDWAN FAHREFI, 145030050 (2018) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN PUISI DENGAN MEMERHATIKAN VOKAL, EKSPRESI, DAN INTONASI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS X SMAN 2 PADALARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca puisi adalah kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan, ke dalam bentuk lisan dengan bahasa yang indah dan penuh makna. Metode Reciprocal teaching adalah metode yang digunakan untuk membuat peserta didik belajar secara mandiri, dengan cara melihat video puisi. Metode Reciprocal Teaching ini menjadikan pendidik sebagai stimulus bagi keberhasilan pembelajaran. Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Mendemonstrasikan Puisi dengan Memerhatikan Vokal, Ekspresi, dan Intonasi Menggunakan Metode Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Padalarang Tahun Pelajaran 2017/2018.” Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental yaitu Nonequuivalent control group design, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Adapun hasil penelitian, sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran membacakan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi dan intonasi menggunakan metode reciprocal teaching. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP sebesar 4,00 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,73. 2) Peserta didik mampu membacakan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil pretes sebesar 35,5 dan postes 83,7. 3) Metode Reciprocal Teaching lebih efektif digunakan dibandingkan VAK. Dibuktikan dengan hasil t hitung pada kelas eksperimen adalah 41,51 dan t hitung kelas kontrol sebesar 29,59. 4) Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dengan perolehan hasil pretes dan postes peserta didik di kelas eskperimen sebesar 35,5 dan kelas kontrol sebesar 83,73, dengan selisih sebesar 48,17. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu pretes sebesar 31,4 dan postes sebesar 80,56 dengan selisih sebesar 49,16. 5) Metode Reciprocal Teaching lebih efektif digunakan dalam meningkatkan pembacaan puisi dibandingkan metode VAK. Dengan demikian metode Reciprocal Teaching yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih baik ditunjukan dengan perubahan nilai yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan perubahan nilai pada kelas kontrol yang menggunakan metode VAK Kata Kunci: Membaca puisi, vokal, ekspresi, intonasi, metode reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:36
Last Modified: 16 Oct 2018 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39237

Actions (login required)

View Item View Item