Susan Cahya Sumirat, 145060033 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Cimanggung II). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II(1).pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
BAB IV(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V(1).pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Cimanggung II dengan subjek penelitian kelas IV. Keberhasilan pembelajaran ditentukan dari efektifnya proses belajar melibat aktifkan peserta didik serta dapat tercapainya tujuan yang telah dirumuskan. Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan keadaan siswa kurang terlibat aktif, siswa tidak dapat konsentrasi dan hanya duduk diam , hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah, maka perlu adanya penerapan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang memuat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus memuat dua pertemuan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Teknik evaluasi yang dilakukan peneliti adalah tes dan non tes. Teknik tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap sikap peduli dan sikap santun siswa. Berdasarkan hasil evaluasi siswa pada siklus I,II,III peneliti mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil evaluasi siswa setiap siklus meningkat dengan rata -rata yaitu siklus I 63,94 (36,84%), siklus II sebesar 71 (63,15%), siklus III sebesar 78,9 (84,2%). Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal yang peneliti sarankan pada penggunaan model Problem Based Learning adalah penggunaan mode Problem Based Learning harus dapat memotivasi siswa lebih aktif dan meningkatkan kreatifitas berpikir kritis siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 04:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39152 |
Actions (login required)
View Item |