PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Cimanggung II)

Susan Cahya Sumirat, 145060033 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Cimanggung II). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(1).pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V(1).pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Cimanggung II dengan subjek penelitian kelas IV. Keberhasilan pembelajaran ditentukan dari efektifnya proses belajar melibat aktifkan peserta didik serta dapat tercapainya tujuan yang telah dirumuskan. Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan keadaan siswa kurang terlibat aktif, siswa tidak dapat konsentrasi dan hanya duduk diam , hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah, maka perlu adanya penerapan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang memuat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus memuat dua pertemuan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Teknik evaluasi yang dilakukan peneliti adalah tes dan non tes. Teknik tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap sikap peduli dan sikap santun siswa. Berdasarkan hasil evaluasi siswa pada siklus I,II,III peneliti mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil evaluasi siswa setiap siklus meningkat dengan rata -rata yaitu siklus I 63,94 (36,84%), siklus II sebesar 71 (63,15%), siklus III sebesar 78,9 (84,2%). Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal yang peneliti sarankan pada penggunaan model Problem Based Learning adalah penggunaan mode Problem Based Learning harus dapat memotivasi siswa lebih aktif dan meningkatkan kreatifitas berpikir kritis siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:25
Last Modified: 18 Oct 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39152

Actions (login required)

View Item View Item