PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI TEMPAT BERMAIN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Hidup Rukun di Kelas II SDN Pamucatan 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

DEWI ANGGRAENI, 145060136 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI TEMPAT BERMAIN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Hidup Rukun di Kelas II SDN Pamucatan 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKP.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indo.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggr.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_2.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
dafus skripsi.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, yang diakibatkan pembelajaran kurang efektif, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh peserta didik dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi, pembelajaran hanya berjalan satu arah dengan menggunakan motode ceramah, yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik masih banyak dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu penggunaannya model pembelajaran peserta didik yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta hasil belajarpeserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 6 pertemuan pada siklus I dan 1 pertemuan pada siklus II dan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas, lembar observasi RPP dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada subtema pelestarian lingkungan. Hasil belajar dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:15
Last Modified: 15 Oct 2018 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item