PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Lalareun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung)

CITRA SIGAR HANA, 145060162 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Lalareun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sunda.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa yan g terdiri dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan prikomotor dengan menggunakan model problem bassed learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Lalareun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung dan dilatar belakangi dengan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM. Karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran problem bassed learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai tuntas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I memperoleh 54% siswa tuntas mencapai KKM, siklus II memperoleh 73,32%, dan siklus III mencapai 89,97%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada sikap peduli siswa siklus I memperoleh 54,25% siswa tuntas, siklus II memperoleh 78,5%, dan siklus III mencapai 87,3%. Pada penilaian sikap santun siswa siklus I memperoleh 55,55%, siklus II memperoleh 80,65%, dan siklus III mencapai 87,55%. Hasil belajar siswa aspek psikomotor pada keterampilan siswa siklus I memperoleh 58,67% siswa tuntas, siklus II memperoleh 78,9%, dan siklus III mencapai 84,57%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model problem bassed learning dapat meningkatkan sikap peduli, santun, dan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN Lalareun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Kata Kunci: problem bassed learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:23
Last Modified: 15 Oct 2018 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39105

Actions (login required)

View Item View Item