PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

Cep Dahlan Afandi, 145060129 (2018) PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Laporan D3 thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
BAB IV CEP DAHLAN AFANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V CEP DAHLAN AFANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA CEP DAHLAN AFANDI.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Ditemukan beberapa masalah pada proses pembelajaran, salah satunya peserta didik kurang mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran dengan sendirinya, karena pendidik tidak mengarahkan kegiatan pembelajaran pada pemecahan masalah serta tidak memupuk kemampuan problem solving peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana pendidik lebih mengutamakan ceramah sehingga model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan menyebabkan pembelajaran terkesan monoton. Maka dari itu, perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan pada hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan subjek peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 orang menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 67%, dan pada siklus II mencapai 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setia p siklusnya, pada siklus I sebesar 77,6 dan pada siklus II sebesar 83. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, dan penelitian ini dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:18
Last Modified: 15 Oct 2018 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39103

Actions (login required)

View Item View Item