HARI RAHMAD BAKHTIAR, 145030246 (2018) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN ISI BERBAGAI RESENSI UNTUK MENEMUKAN SISTEMATIKA RESENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI SMKN 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa inggris.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.docx.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan membaca peserta didik dalam membandingkan teks resensi. Untuk meningkatkan keterampilan membaca, pada penelitian ini penulis menggunakan metode cooperative script. Metode cooperative script memiliki tujuan agar peserta didik diantaranya dapat menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, serta daya berpikir kritis mengajarkan siswa untuk percaya pada kemampuan sendiri untuk berpikir, dan mencari informasi. Tujuan lain metode cooperative script membuat peserta didik memudahkan siswa berdiskusi dan melakukan interaksi sosial, dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental dengan desain pretest postest control group desain. Hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu, : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran membandingkan teks resensi menggunakan metode cooperative script. Terbukti pada perolehan nilai perencanaan pembelajaran 3,6 dan pelaksanaan 3,68. 2) peserta didik SMKN 11 Bandung kelas eksperimen mampu membandingkan teks resensi menggunakan metode cooperative script dengan baik. Terbukti dengan perolehan rata-rata pretes sebesar 53 dan rata-rata postes sebesar 85,83. 3) metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks resensi di kelas eksperimen SMKN 11 Bandung. Terbukti dengan hasil uji t yang menunjukkan thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol, yaitu 0,008-0,004. 4) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Terbukti dengan nilai rata-rata pretes sebesar 53 dan rata-rata postes sebesar 85,83 dengan selisih 32,83 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 54 dan rata-rata postes sebesar 79,66 dengan selisih 25,66. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, mka penelitian yang dilakukan penulis dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci: pembelajaran, membandingkan, resensi, metode cooperative script
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:45 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38333 |
Actions (login required)
View Item |