Tia Novia, 145060203 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Arjasari 1 Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas IV pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Arjasari 1, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase motivasi siswa mencapai 59,45% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase motivasi siswa mencapai 75,50% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus III persentase motivasi siswa mencapai 86,27% dari keseluruhan siswa. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 84% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 16% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Arjasari 1 pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 08:36 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 08:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37429 |
Actions (login required)
View Item |