PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 )

DIAN ROSDIANTI, 145060244 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi .pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Dian.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris dian .pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC pak Azis.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC pak Azis.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC pak Azis.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ACC pak Azis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V ACC pak Azis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 234 Saluyu dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan model Discovery Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IVA dengan jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri atas 13 laki-laki dan 20 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah observasi, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar peserta didik pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 68,4 pada siklus II mendapatkan hasil 73,6 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III mendapatkan hasil 74,4. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus I menjadi 60,6% pada siklus II menjadi 75,8% selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III menjadi 84,8% dari jumlah 33 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:33
Last Modified: 03 Oct 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37304

Actions (login required)

View Item View Item