RIVALDI PUTRA, 145050003 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INA.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENG.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Studi Literatur.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode dan Desain Penelitian.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
||
Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) lebih baik daripada melalui model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui apakah Self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui Bagaimana pembelajaran Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu kelompok pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kartika XIX-1 Bandung dan sampelnya adalah dua kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-awareness. Analisis data menggunakan uji parametric pada data pretest-postest melalui software SPSS Statistics 20.0 for Windows dan rumus Cohend’s untuk melihat efektivitas. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Pembelajaran REACT efektif untuk kemampuan pemahaman matematis dengan kategori besar. Kata Kunci: Pembelajaran REACT, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-awareness, Pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37272 |
Actions (login required)
View Item |