PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PROBING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA

YUKI RIZKI FAUZI, 145050058 (2018) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PROBING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah metode Quantum Learning dengan teknik Probing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) mengetahui self-efficacy siswa memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori dan 3) untuk mengetahui efektifitas metode Quantum Learning dengan teknik Probing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Angkasa tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA B dan X MIA C SMA Angkasa sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy yang menggunakan skala Likert. Tes dan angket diuji cobakan terlebih dahulu di kelas XI MIA. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih tinggi daripada daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih baik daripada daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 3) metode Quantum Learning dengan teknik Probing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karna itu metode Quantum Learning dengan teknik Probing dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Metode Quantum Learning dengan Teknik Probing, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:15
Last Modified: 02 Oct 2018 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37119

Actions (login required)

View Item View Item