YUKI RIZKI FAUZI, 145050058 (2018) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK PROBING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (869kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah metode Quantum Learning dengan teknik Probing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) mengetahui self-efficacy siswa memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori dan 3) untuk mengetahui efektifitas metode Quantum Learning dengan teknik Probing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Angkasa tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA B dan X MIA C SMA Angkasa sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy yang menggunakan skala Likert. Tes dan angket diuji cobakan terlebih dahulu di kelas XI MIA. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih tinggi daripada daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh metode Quantum Learning dengan teknik Probing lebih baik daripada daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 3) metode Quantum Learning dengan teknik Probing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karna itu metode Quantum Learning dengan teknik Probing dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Metode Quantum Learning dengan Teknik Probing, Self-Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 07:15 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37119 |
Actions (login required)
View Item |