PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

ROSA MAULA, 145040011 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDO.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III FIX.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
9. BAB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Compreng dengan sampel penelitian kelas X MIA 1 berjumlah 35 siswa. sampel dipilih secara acak (cluster random sampling) karena tidak terdapat kelas unggulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah ranah kognitif untuk mengukur aspek kognitif berupa pilihan ganda, instrumen ranah afektif untuk mengukur aspek afektif, instrumen penilaian ranah psikomotor untuk mengukur aspek psikomotor. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38,86 dan rata-rata posttest sebsar 80 dengan N-gain sebesar 0,67 berada dalam kategori sedang. Nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 84% dan rata-rata nilai aspek psikomotor sebesar 84% keduanya dalam kategori baik. Hasil uji hipotesi paired sample t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikan 000. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci : POGIL, Hasil belajar, Konsep Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:50
Last Modified: 02 Oct 2018 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37058

Actions (login required)

View Item View Item