PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT PADA SISWA SMA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING

DEBORA MALAU, 145050035 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT PADA SISWA SMA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS BARU.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mempelajari matematika berkaitan dengan mempelajari ide-ide atau konsep-konsep yang bersifat abstrak yang membutuhkan penalaran matematis. Demikian pula, self-concept peserta didik haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik, karena melihat pentingnya peranannya dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini, kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik masih tergolong rendah maka diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan salah satunya model Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 6 Bandung. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Reciprocal Teaching dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Self-concept matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, kemampuan penalaran matematis, Self-concept

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:55
Last Modified: 27 Sep 2018 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36955

Actions (login required)

View Item View Item