Wulan Nurbaeti, 145060137 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mekarbakti Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (957kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Mekarbakti dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Mekarbakti dengan jumlah peserta didik 20 yang terdiri atas 11 laki-laki dan 9 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari lembar pretest dan post tes, angket. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model Problem Based Learning Problem Based Learning pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 82%, siklus II 93%. Selanjutnya respon peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 60% pada siklus II 95%. Sedangkan aktivitas peserta didik siklus I 75% dan siklus II 94%. Adapun hasil belajar siswa siklus I mendapatkan persentase 55%, Siklus II 90%, Pada sikap peduli siklus I memperoleh hasil 60% dan siklus II 85%. Sedangkan pada sikap santun siklus I memperoleh persentase 55%, siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN Mekarbakti. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 04:10 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36479 |
Actions (login required)
View Item |