PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mekarbakti Kabupaten Subang)

Wulan Nurbaeti, 145060137 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mekarbakti Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Mekarbakti dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Mekarbakti dengan jumlah peserta didik 20 yang terdiri atas 11 laki-laki dan 9 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari lembar pretest dan post tes, angket. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model Problem Based Learning Problem Based Learning pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 82%, siklus II 93%. Selanjutnya respon peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 60% pada siklus II 95%. Sedangkan aktivitas peserta didik siklus I 75% dan siklus II 94%. Adapun hasil belajar siswa siklus I mendapatkan persentase 55%, Siklus II 90%, Pada sikap peduli siklus I memperoleh hasil 60% dan siklus II 85%. Sedangkan pada sikap santun siklus I memperoleh persentase 55%, siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN Mekarbakti. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:10
Last Modified: 18 Sep 2018 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36479

Actions (login required)

View Item View Item