ANA QURATUL AENA, 145060211 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model discovery learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulisan menggunakan penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN 032 Tilil Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki keaktifan dan hasil belajar yang rendah. Ketika proses pembelajaran siswa hanya melakukan kegiatan duduk, diam, mendengar, mencatat dan menghapal sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran berlangsung guru telah memberikan kemampuan mengajarnya kepada peserta didik, hanya saja penggunaan metode ceramah dan penugasan belum memaksimalkan proses belajar mengajar sehingga menyebabkan siswa tidak dapat membangun pengetahuannya sendiri, keaadaan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari 2 pembelajaran dan sesuai dengan langkahlangkah model discovery learning. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran, dan lembar keaktifan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3,27 atau 82%, siklus II 3,66 atau 91%, siklus III 3,79 atau 94% ). Kedua adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3,30 atau 82%, siklus II mencapai nilai 3,57 atau 89%, dan siklus III mencapai 3,89 atau 97% ). Ketiga adanya peningkatan hasil belajar siswa (siklus I mencapai 56%, siklus II mencapai 72%, siklus III mencapai 84% ). Dan keempat, adanya peningkatan keaktifan belajar siswa (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 69%, siklus III mencapai 87% ). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 032 Tilil Kota Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning, Keaktifan, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 22:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 22:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36443 |
Actions (login required)
View Item |