PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KOPERASI KELAS X IPS DI SMAN 15 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

TITA ROSTIKA, 145020029 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KOPERASI KELAS X IPS DI SMAN 15 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABTRACT.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada konsep koperasi kelas X IPS di SMAN 15 Bandung. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian assosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah pendekatan saintifik sebagai variabel bebas, dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Penyebaran kuesioner dilakukan pada siswa kelas X IPS di SMAN 15 Bandung dengan sampel sebanyak 64 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai total pendekatan saintifik sebesar 37.97 dan motivasi belajar sebesar 53.57 yang artinya menunjukkan bahwa secara keseluruhan pendekatan saintifik dan motivasi belajar di SMAN 15 Bandung sudah baik. Kemudian Setelah melakukan uji hipotesis maka diperoleh nilai t hitung = 2.377 dengan nilai signifikansi (Sig.) 0,000. Dimana 0,000 ini lebih kecil atau kurang dari 0,05 maka H 0 diterima dan H 1 ditolak. Adapun nilai kolerasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,289 dan menjelaskan besarnya presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang disebut dengan koefisien determinasi yang merupakan penguadratan R. Diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,084 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu pendekatan saintifik (X) terhadap variabel terikat yaitu motivasi belajar (Y) adalah sebesar 8.4% dengan interpretasi sangat lemah. Artinya ada pengaruh nyata (signifikan) variabel pendekatan saintik (X) terhadap variabel Motivasi belajar (Y), walaupun pengaruh tersebut sangat lemah. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:56
Last Modified: 17 Sep 2018 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36433

Actions (login required)

View Item View Item