PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Perpajakan Kelas XI SMA Negeri 18 Bandung )

Widya Rahmania Nurafifah, 145020035 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Perpajakan Kelas XI SMA Negeri 18 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Perpajakan). Penelitian ini bertujuan untuk : (i) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD sebelum dan sesudah perlakuan pada materi Perpajakan, (ii) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah pada materi Perpajakan, (iii) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divison terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar Perpajakan kelas XI SMAN 18 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 dan XI IIS 1 SMA Negeri 18 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket berpikir kritis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe pilihan ganda (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan N-Gain atau peningkatan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukan skor rata-rata pretest sebesar 63,58 sedangkan skor rata-rata posttest sebesar 73,94. Sehingga diperoleh N-Gain sebesar 0,33 dengan kesimpulan peningkatan dikategorikan tinggi. Sedangkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata pretest sebesar 65,85 dan hasil posttest sebesar 66,58. Sehingga diperoleh N-Gain 0,03 yang dikategorikan rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan berpikir kritis kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dengan tingkat pengaruh sebesar 44,2%. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada pendidik atau guru SMA Negeri 18 Bandung untuk menggunakan model pembelajaran STAD dengan baik dan benar agar dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : StudentTeamAchievementDivision, BerpikirKritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:24
Last Modified: 17 Sep 2018 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36406

Actions (login required)

View Item View Item