PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul)

AYU NURJANAH, 145060115 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan jumlah peserta didik 23 yang terdiri atas 15 laki- laki dan 8 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes, lembar keterampilan. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV C dengan model pangatikan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 68%, siklus II 71,5%% dan siklus III 87%. selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan persentase 64%, siklus II 70%, dan silklus III 83%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 60%, siklus II 61%, siklus III 82%. Pada ranah afektif peduli siklus I mendapatkan persentase 65%, siklus II 70% dan siklus III 81,5%, ranah afektif santun siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II 70% dan siklus III 80%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 30%, siklus II 70% dan siklus III 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, hasil belajarPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan jumlah peserta didik 23 yang terdiri atas 15 laki- laki dan 8 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes, lembar keterampilan. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV C dengan model pangatikan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 68%, siklus II 71,5%% dan siklus III 87%. selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan persentase 64%, siklus II 70%, dan silklus III 83%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 60%, siklus II 61%, siklus III 82%. Pada ranah afektif peduli siklus I mendapatkan persentase 65%, siklus II 70% dan siklus III 81,5%, ranah afektif santun siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II 70% dan siklus III 80%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 30%, siklus II 70% dan siklus III 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2018 10:29
Last Modified: 15 Sep 2018 10:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36397

Actions (login required)

View Item View Item