Hamdan Agustian, 145060066 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN Jerukmipis Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER-converted.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I ACC.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II ACC.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
||
Text
18. BAB V ACC (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV-A masih banyak yang kurang semangat dan cenderung siam ketika pembelajaran tematik dalam subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model Problem Based Learninguntuk menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas IV-A SDN Jerukmippis.(PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. PTK ini direncanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang baik dibuktikan dengan pencapaian hasil rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh pencapaian sebesar 80,6% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 89,4% dan pada siklus III sebesar 96,7%. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh pencapaian sebesar 77,27% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 88,63% pada siklus III sebesar 96,7%. Sementara pada hasil penilaian rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor 53,3% sedangkan pada siklus II memperoleh skor 73,3 % pada siklus III 83,3%. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 58,3 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 67 pada siklus III memperoleh nilai 83,3. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkat. Kata Kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Sep 2018 06:48 |
Last Modified: | 08 Sep 2018 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36028 |
Actions (login required)
View Item |