LASTRI NUR FAJRINA dan Agus Setiawan,. Drs. Int. M. Sn (2018) PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOLOGI UNTUK ANAK KELAS 5 SD LASTRI NUR FAJRINA 126010003. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
Text
Awal.docx Download (404kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB II.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (77MB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (48MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (29kB) |
Abstract
Semua makhluk hidup memiliki ketergantungan dengan lingkungannya sehingga terjadi hubungan timbal balik antara keduanya. Manusia membutuhkan alam sebagai sumber kebutuhannya dan lingkungan juga membutuhkan manusia untuk menjaga dan melestarikannya. Adanya interaksi antara manusia dengan lingkungan mengakibatkan ketidakseimbangan lingkungan yang terkait dengan masalah ekologi, seperti terkurasanya sumber daya alam, pencemaran lingkungan dan fenomena lingkungan lainnya. Salah satu masalah kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini adalah berkurangnya jumlah hutan akibat penebangan dan pembakaran yang dapat menyebabkan dampak bagi keberadaan lingkungan dan kehidupan di dalamnya. Masalah ekologi tersebut muncul karena kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan dan ketidaktahuan akan dampak dari ketidakseimbangan ekologi. Perlu adanya perhatian manusia untuk membangun masyarakat yang menerapkan prinsip keberlanjutan dan etika lingkungan. Generasi penerus khususnya anak-anak perlu diedukasi untuk memahami dampak dari kerusakan lingkungan dan bagaimana solusinya. Sehingga dibutuhkannya media edukasi yang memuat konten tentang keseimbangan ekologi untuk anak-anak. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang buku pembelajaran tentang ekologi lingkungan air yang menarik dan informatif bagi pembaca khususnya anak-anak. Tujuan utama dari perancangan ini adalah memberikan pemahaman tentang ekologi lingkungan, dan sebagai sarana belajar serta media penunjang pembelajaran di rumah maupun di sekolah. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah buku pembelajaran ekologi dan pelestarian lingkungan dengan menampilkan gambar ilustrasi dengan tema lingkungan, di sertai materi pengetahuan, fakta dan soal interaktif yang disesuaikan dengan standar kompetensi pendidikan tema 5 dan 8 untuk kelas 5 SD. Kata Kunci: Buku Bergambar, Pembelajaran, ekologi, lingkungan, Anak
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 03:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34283 |
Actions (login required)
View Item |