VINNA AGUSTINA, 135060111 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya di SDN 270 Gentra Masekdas Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indonesia.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.inggris.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.sunda.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model discovery learning di SDN 270 Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang memuaskan dikarenakan siswa tidak berani mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam pembelajaran siswa cenderng pasif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada metode penelitian dengan desain penelitian Kemmis & MC Taggart dan dilaksanakan dalam 3 siklus sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai yaitu 3,38 menjadi 3,94, sikap percaya diri pada siklus I sampai siklus III yaitu 36,84% menjadi 78,94%, selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus III yaitu 52,63% menjadi 86,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN 270 Gentra Masekdas. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30834 |
Actions (login required)
View Item |