PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUKAJADI

MUTIA ZULMI, 135060306 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUKAJADI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SND.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning pada subtema usaha pelestarian lingkungan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Sukajadi Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru kurang menguasai beberapa model pembelajaran dan memiliki hambatan dalam penerapannya terutama pada model problem based learning, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif bertanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap model problem based learning. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes, dan angket. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru, angket rasa ingin tahu siswa dan soal free test dan post test untuk mengukur keberhasilan dalam subtema usaha pelestarian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I 72%, siklus II 82%, siklus III 88% sikap rasa ingin tahu pada siklus I mencapai 56%, siklus II 78%, dan siklus III 94% selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa pada siklus I 47%, siklus II 72%, dan siklus III 88% Adapun hambatan dalam pembelajaran paling utama yaitu waktu. Upaya mengatasi hambatan tersebut guru harus mengelola kelas dengan baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN Sukajadi Bandung. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema usaha pelestarian lingkungan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 10:40
Last Modified: 16 Oct 2017 10:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item View Item