Fitri Hayati Nursoleha, 135060248 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sukamaju Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK B INDONESIA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB II.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
18 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
19 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas IV/A SDN Sukamaju. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bagaimana keadaan siswa dengan hasil belajar yang kurang memuaskan, hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, dan kurangnya penguasaan beberapa model pembelajaran, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif bertanya. Selanjutnya penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari desain penelitian Arikunto”.Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran discovery. pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (posttest), angket, dan wawancara. Hasil penelitia n menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 65%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III menjadi 93%, hasil belajar pada ranah afektif sikap percaya diri pada siklus I mencapai 41%, siklus II sebesa r 70% dan siklus III meningkat mencapai 92%, sikap peduli pada siklus I mencapai 54%, siklus II sebesar 78% dan siklus III meningkat mencapai 86%, sikap bertanggungjawab pada siklus I mencapai 49%, siklus II sebesar 73% dan siklus III meningkat mencapai 89%, selanjutnya pada ranah kognitif siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 70% dan siklus III meningkat menjadi 89%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan mengomunikasikan) siklus I sebesar 51%, siklus II sebesar 78% dan siklus III meningkat me njadi 87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran discovery mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV/A SDN Sukamaju. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran discovery dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar, Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 07:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30785 |
Actions (login required)
View Item |