PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Warunglega 2, Desa Tanjunglaya, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung).

Devi Ajeng Lestari, 135060156 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Warunglega 2, Desa Tanjunglaya, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB III.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan peneliti ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran di SDN Warunglega 2 melalui model pembelajaran inkuiri pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia.metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam III siklus dengan ketentuan I siklus II kali pembelajaran. Proses penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai mitra penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Warunglega 2 Kabupaten Bandung yang berjumlah sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis data yang pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualita taif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanaya peningkatan pada hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil belajar ini mencakup ke dalam 3 ranah yaitu Pengetahuan, Sikap (Percaya diri, peduli, dan tanggung jawab), keterampilan (berkomunikasi) . Pada ranah pengetahuan fretest siklus I peserta didik yang telah tuntas mencapai nilai ketuntasan hanya 20% sebanyak 8 orang pada siklus II peserta didik mencapai ketuntasan 48% sebanyak 19 orang dan pada siklus III peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 84% sebanyak 33 orang. Penilaian postest siklus I peserta didik yang mencapai ketuntasan hanya 30% sebanyak 12 orang, siklus II peserta didik yang mencapai ketuntasan 51% sebanyak 20 orang , dan siklus III peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 89% sebanyak 35 orang. Pada penilaian afektif (sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab) pada sikap sikap percaya diri siklus I memperoleh 33%, siklus II berhasil memperoleh 53%, sedangkan pada siklus III berhasil memperoleh 92%, sikap peduli siklus I memperoleh 35%, siklus II berhasil memperoleh 51%, dan siklus III berhasil memperoleh 89%, sikap tanggung jawab siklus I memperoleh 38%, siklus II berhasil memperoleh 56%, dan siklus III berhasil memperoleh 87% . Sedangkan penilaian psikomotor (berkomunikasi) pada siklus I berhasil memperoleh 41%, siklus II berhasil memperoleh 58%, sedangkan pada siklus III berhasil memperoleh 94% sudah mencapai nilai ketuntasan. Maa dapat disimpilkan penggunaan model pembelajaran inquirydapat disajikan alternatif dalam proses pembelajaraan khususnya pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar, Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:15
Last Modified: 16 Oct 2017 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item