PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 )

TRIE SELFILLA WULANDARI, 135060115 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo wulan ok.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REVISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 3 ACC.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix wulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IVD SD Negeri Asmi Bandung menunjukkan bahwa masih rendahnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap yaitu rasa ingin tahu siklus I sebesar 53% siklus II sebesar 58% dan siklus III sebesar 85%, serta hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring berjalannya pertemuan siklus I sebesar 34% siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 94%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada Tema Tempat Tinggalku Sub Tema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IVD SDN Asmi Bandung. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Discovery Learning. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Kata Kunci: Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:40
Last Modified: 16 Oct 2017 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30743

Actions (login required)

View Item View Item