PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung)

Rian Novriatna, 135060061 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada siswa kelas IV A SDN 086 Cimincrang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu proses pembelajaran yang dianggap kurang menimbulkan minat siswa dalam belajar serta sulitnya siswa dalam menerima materi pembelajaran, hal tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan bahan ajar buku saja dan siswa tidak diarahkan untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan aktivitas siswa. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 64%, dan siklus II sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 65 (cukup) dan siklus II sebesar 79 (baik). Serta bisa meningkatkan respon siswa selama pembelajaran dari setiap siklusnya. Siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,9%, (cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3% (sangat baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:10
Last Modified: 16 Oct 2017 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30738

Actions (login required)

View Item View Item