PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV A 2 SDN Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

MELLIAN LESTIANA, 135060027 (2017) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV A 2 SDN Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SDN Asmi Bandung pada peserta didik kelas IV A2 dengan jumlah 34 orang, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilatar belakangi oleh kondisi peserta didik pada saat proses pembelajaran yang menunjukan hasil belajar yang rendah atau belum mencapai KKM, peserta didik belum menunjukan sikap percaya diri, peduli dan sikap tanggung jawab selama proses pembelajaran, pemahaman peserta didik yang kurang terhadap materi pembelajaran, serta keterampilan dalam berkomunikasi yang rendah. Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang monoton karena pendidik menggunaan metode/model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar wawancara, lembar kerja siswa (LKS), dan lembar tes berupa pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I didapatkan hasil belajar aspek pengetahuan (kognitif) yang mencapai KKM sebanyak 14 orang atau 41%, pada siklus II meningkat sebanyak 22 orang atau 65%, kemudian pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 29 orang atau 85,3%. Hasil belajar pada aspek sikap (afektif) pada siklus I yang mencapai kriteria dalam proses pembelajaran sebanyak 8 orang atau 24%, pada siklus II meningkat sebanyak 17 orang atau 50%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 29 orang atau 85,3%. Hasil belajar aspek keterampilan (psikomotor) pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 9 orang atau 26%, pada siklus II meningkat menjadi 20 orang atau 59%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 31 orang atau 91%. Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, ini terlihat dari peningkatan yang sangat baik pada setiap siklus. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar peserta didik, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 08:49
Last Modified: 14 Oct 2017 08:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30702

Actions (login required)

View Item View Item