PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI PERMASALAHAN DALAM DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPEN ENDED PROBLEMS PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SINTA SITI NURBAYANTI, 135030144 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI PERMASALAHAN DALAM DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE OPEN ENDED PROBLEMS PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrack.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan dalam menulis terutama dalam mengonstruksi permasalahan dalam debat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode open ended problems. Metode open ended problems merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengonstruksi Perma-salahan dalam Debat dengan Menggunakan Metode Open Ended Problems pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 4 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Perma-salahan yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melak-sanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi permasalahan dalam debat dengan menggunakan metode open ended problems di kelas X SMA Pasundan 4 Bandung?; 2) Mampukah peserta didik mengonstruksi permasalahan dalam debat dengan tepat?; dan 3) Efektifkah metode open ended problems digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi permasalahan dalam debat? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, wawancara, uji coba, tes, dan analisis. Simpulannya sebagai berikut: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi permasalahan dalam debat dengan menggunakan metode open ended problems pada siswa kelas X SMA Pasundan 4 Bandung. Hasil nilai perencanaan sebesar 3,7 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,64; 2) Peserta didik mampu mengonstruksi permasalahan dalam debat dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 45,16 dan nilai rata-rata postes sebesar 94,16, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 49; dan 3) Metode open ended problems efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi permasalahan dalam debat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t ������ > t �� � , yakni 19,44 > 2,82 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Hal ini membuktikan bahwa metode open ended problems dapat digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi permasalahan dalam debat. Kata Kunci: pembelajaran, mengonstruksi, permasalahan, debat, dan open ended problems.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:05
Last Modified: 05 Oct 2017 08:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item