PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AJAR (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 6 SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2016 – 2017)

SELVIANA RAHAYU LENIANA, 135020072 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AJAR (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 6 SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2016 – 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.PDF

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus di kelas X bab koperasi MA Al -Inayah tahun ajaran 2016/2017). Dengan dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang konvensional, sehingga membuat suasana pembelajaran membosankan dan tidak menyenangkan hal ini mengakibatkan pemahaman dan daya ingat siswa menjadi menurun khususnya pada mata pelajaran IPS (Ekonomi). Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat pemahaman dan daya ingat siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) di kelas X MA Al-Inayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman dan daya ingat siswa melalui hasil belajar ekonomi yang signifikan antara pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning) dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Metode yang digunakan adalah TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan). Hipotesis Penelitian/Pertanyaan penelitian berbunyi adakah peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa menggunakan tes. Teknik pengelolaan data dengan cara teknik deskriptif dan statistik. Kriteria pengujian adalah diterima Ho jika t hitung terletak antara –ttabel dan t tabel dan tolak Ho jika di luar daerah tersebut. Hasil dan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 61,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,25 dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t dengan hasil thit=2,23 dan ttabel = 2,01. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui thit tidak terletak di batas penerimaan H 0, sehingga H 1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pembaca dan peneliti selanjutnya agar memahami dan mempelajari terlebih dahulu m odel pembelajaran quantum (Quantum Learning) dan memilih metode yang akan digunakan agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang di harapkan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quanntum (Quantum Learning), Pemahaman, Daya Ingat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:58
Last Modified: 04 Oct 2017 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30247

Actions (login required)

View Item View Item