PENGARUH PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 16 BANDUNG (Studi Quasi Sub Tema Koperasi pada Siswa Kelas X IIS tahun ajaran 2016/2017)

Neng Ana Kamalina, 135020090 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 16 BANDUNG (Studi Quasi Sub Tema Koperasi pada Siswa Kelas X IIS tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneliti mengajukan judul untuk penelitian ini yaitu “Pengaruh Pembelajaran Mastery Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain, 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran tipe quiz team dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 16 Bandung pada kelas X IIS. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran tipe quiz team dalam pembelajaran ekonomi pada sub pokok bahasan koperasi di SMA Negeri 16 Bandung. 3) Mengungkapkan ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran quiz team terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan koperasi di kelas X II SMA Negeri 16 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dimana kelas eksperimen adalah X IIS 2 dan kelas kontrol adalah X IIS 4. Dengan demikian dari hasil pengumpulan data penulis dapat mengetahui hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 33,13 sedangkan kelas kontrol sebesar 27,30. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran mastery learning tipe quiz team terdapat peningkatan terbukti dari hasil posttest kelas eksperimen sebesar 58,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 43,83. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Pembelajaran Matery Learning Tipe Quiz Team) terhadap variabel Y (Hasil Belajar), maka digunakan koefisisen determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 87,8% maka sebagian lainnya sebesar 12,2% ditentukan oleh faktor lain baik dari dalam maupun dari luar lingkungan peserta didik. Hasil penelitian ini ternyata sesuai dengan hipotesis yang diajukan penulis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran mastery learning tipe quiz team. Saran yang direkomendasikan oleh peulis yaitu agar guru sebaiknya lebih mengekplor penggunaan model pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan dan pengajaran tidak monoton pada saat pembelajaran berlangsung. Tidak hanya dengan pembelajaran mastery learning tipe quiz team saja, guru harus bisa mengembangkan model pembelajaran lain yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang diberikan. Kata Kunci : Pembelajaran Mastery Learning Tipe Quiz Team, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2017 07:05
Last Modified: 25 Sep 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29928

Actions (login required)

View Item View Item