YULIYANI FEBRIYANTI, 135060264 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik dengan Subtema Makananku Sehat dan Bergizi pada kelas IV di SDN 063 Kebon Gedang Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
0. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA BISMILLAH.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA BISMILLAH.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1 FIX BISMILLAH.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II fixx.pdf Download (913kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III YULIYANI Pak Azis.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV YULIYANI BISMILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
17. BAB V BISMILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA semua.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema makananku sehat dan bergizi di kelas IV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang Bandung yang menggambarkan keaktifan siswa kelas IV khususnya masih rendah dan guru masih mendominasi pembelajaran sedang sidang pasif dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dilakukan, di dapat bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I persentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 62%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan kekatifan siswa diperoleh sebesar 76%, terjadi peningkatan 14%, dan pada siklus III persentase peningkatan kekatifan siswa diperoleh 86,2%, terjadi peningkatan sebesar 10,2% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I persentase peningkatan kerjasama siswa yang diperoleh sebesar 59%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan kerjasama siswa diperoleh sebesar 72,4% terjadi peningkatan 13,4% dan pada siklus III persentase kerjasama siswa diperoleh 86%, terjadi peningkatan sebesar 13,6% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 62%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 72,5%, terjadi peningkatan sebesar 10,5%, sedangkan pada siklus III persentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 86,2% sehingga terjadi peningkatan sebesar 13,7% termasuk ke dalam kategori baik. Persentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar ini menunjukkan bahwa setiap siklus selalu ada perubahan pada siswa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema makananku sehat dan bergizi di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang Bandung. Kata kunci : Model Problem Based Learning, keaktifan dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 08:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29348 |
Actions (login required)
View Item |