ILMA SONIA DEWI, 135050082 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE MELALUI METODE SAKAMOTO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
abstrak.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP, yaitu kemampuan representasi matematis dan kesadaran metakognitif siswa yang relatif rendah. Kemampuan representasi matematis menjadi salah satu hal yang perlu ditingkatkan, terlebih karena perbedaan gaya belajar dan kesadaran siswa dalam memahami pengetahuan yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran IMPROVE melalui metode Sakamoto lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) mengetahui apakah peningkatan kesadaran metakognitif siswa yang memperoleh model pembelajaran IMPROVE melalui metode Sakamoto lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cimaung tahun ajaran 2016-2017, dengan pemilihan sampel secara random sehingga terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan representasi matematis dan skala kesadaran metakognitif, yang diberikan sebelum dan setelah siswa mendapatkan pembelajaran. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian adalah 1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran IMPROVE melalui metode Sakamoto lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kesadaran metakognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE melalui metode Sakamoto lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran IMPROVE melalui metode Sakamoto dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kesadaran metakognitif siswa. Kata kunci: IMPROVE, Sakamoto, representasi matematis, kesadaran metakognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 02:57 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 02:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29292 |
Actions (login required)
View Item |